Langsung ke konten utama

Pengalaman Mengikuti Seleksi CPNS 2021

Pertengahan November 2020, saya dichat oleh salah satu teman bahwa tahun 2021 akan ada seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Wah, kesempatan yang baik nih, batinku. Meski saat itu saya masih skripsian, tapi optimis sih kuliah saya akan selesai tepat sebelum seleksi CPNS dibuka. Dan benar terjadi, beberapa bulan setelah wisuda, seleksi CPNS resmi dibuka. Tanpa pikir panjang saya langsung ikut seleksi dong ya.

Oiya, tahun 2021 pembukaan seleksi CPNS dibarengi pembukaan seleksi PPPK (P3K). PPPK adalah singkatan dari  Pegawai Pemerintan dengan Perjanjian Kerja. Bagi yang kepo info CPNS, langsung aja ke web sscasn.bkn.go.id. Segala update jadwal seleksi, info lowongan kerja, info instansi yang buka lowongan CPNS dan P3K disampaikan lewat web tersebut. 


Seleksi CPNS 2021 terdiri dari 3 tahapan, yaitu Seleksi Administrasi, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). 

Seleksi Administrasi
Langkah awal yang kulakukan adalah bikin akun di web https://sscasn.bkn.go.id/. Setelah itu isi biodata diri, standar sih seperti kita ngisi data diri biasa. Background pendidikan juga, nama perguruan tinggi, akreditasi perguruan tinggi, IPK, nomor ijazah, dkk. Saranku, lebih baik diteliti kembali kalo udah selesai mengisi biodata, takutnya kita khilaf terus ada yang salah isi. Nanti bakal repot bgt, bisa bikin meriang aka merindukan kasih sayang

Step selanjutnya adalah memilih instansi dan formasi yang akan dilamar. Disini saya pusing banget, bingung mau pilih instansi mana. Ingin hati ngelamar pemkab asal, tapi tidak buka dong. Adek sedih bang!

Akhirnya, pilih bertarung di instansi pusat dengan formasi analis. Bener-bener gambling tanpa persiapan matang. Ya gimana, alasan daftar di pusat cuma karena pemkab tidak buka, mau ngelamar di pemda terdekat ternyata ada 2 saingan, anak seangkatan saya pas kuliah. Nyali saya udah ciut duluan karena pas kuliah saya kalah pinter. Saya tuh tidak bisa tarung sama temen sendiri, saya kan cinta damai hehe

Setelah memilih instansi dan formasi yang akan dilamar, kita diminta mengupload berkas-berkas yang diminta. Berkasnya standar sih, KTP, ijazah, akreditasi perguruan tinggi, transkrip nilai, pasfoto 4x6 latar belakang merah, dan berkas-berkas pendukung lainnya tergantung instansi masing-masing. Yang kutahu KESDM, KEMENLU, dan beberapa instansi ada yang mensyaratkan sertifikat TOEFL, jadi ada baiknya tes TOEFL jauh-jauh hari sebelum seleksi CPNS dibuka (khusus untuk yang daftar instansi tersebut ya). Supaya hatinya tenang sih. Oiya, masing-masing instansi juga ada nilai TOEFL minimalnya, KESDM itu kalo tidak salah minimal 450. Sering-sering kepoin web instansi tujuan aja, supaya tidak ketinggalan infonya.

Setelah upload berkasnya kelar, bakal muncul halaman resume (ini step terakhir di tahap pertama aka tahap seleksi administrasi). Tinggal nunggu pengumuman seleksi administrasi. Pas nunggu hasil seleksi administrasi ini jantung saya degdegan kayak mau perang.

Bagaimana tidak degdegan, pas hari pengumuman saya tidak lihat list berkas yang saya upload sebelumnya, alias berkasnya gone dari akun saya gais! degdegan sambil nangis sehari semalam. 

Besoknya kuliat lagi, ternyata emang proses menuju pengumuman tuh ada perubahan dikit-dikit di akun sscasn kita. Dan ternyata pas hasilnya udah keluar, semua berkas yang kuupload sebelumnya juga ikut muncul di akun sscasn. Legaaaaa! Lolos tahap administrasi! Cihuyy!

Tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)
SKD CPNS 2021 menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), tesnya pakai komputer. Macem UTBK dan UNBK gitu. Materi tes nya ada 3 bagian; TIU (Tes Intelijensia Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Kebetulan saya suka hitung-hitungan dan bermain logika, jadi lumayan enjoy dan senang saat belajar TIU. TKP saya sering lihat pembahasan di youtube sama latihan soal di TO online (ada yang gratis, ada yang berbayar). Untuk TWK, saya menangis:') susah saya baca materi banyakk. Ini kendala saya pas belajar SKD, tiap baca materi TWK apalagi bagian sejarah nusantara (kemerdekaan RI) saya mesti ketiduran. Beneran deh, sering bgt ngantuk

Saranku, persiapan sejak jaauh-jauh hari. Jangan kayak aku, fokus belajar baru H-1 bulan. Mepet banget. Beneran deh, kalo bisa H-3 bulan itu udah paling lambat lah. Kalo bisa dari sebelum ada tanda-tanda seleksi CPNS deh, siapin pelan-pelan, supaya pas udah rilis jadwal seleksinya, kita bisa fokus tryout sama jaga kesehatan.

Pas hari H ujian SKD, saya dapet ujian sesi 1 (jam 8 pagi). Saat itu ujian di BKN Kanreg 1 Yogyakarta, alamatnya di Jl. Magelang, depan pom bensin, menghadap barat, deket terminal Jombor. Sayaberangkat dari kos jam 06.20 pagi, sampai BKN Jogja jam 06.35 pagi. Pas masuk kantor BKN saya nyapa Pak Satpam, sambil basa-basi tanya parkir dimana. Ternyata bagi peserta yang tidak diantar dan bawa kendaraan sendiri, bisa parkir didalam lingkungan kantor BKN Jogja tepatnya dibelakang kantor BKN. Dari pintu masuk, belok kiri lewat depan masjid dan lurus sampe belakang kantor.

Kebetulan saya dapat ruang 2, waktu itu ada petugas yang mengarahkan dari parkiran ke ruang ujian supaya peserta tidak bingung. Alurnya, saya cuci tangan terus cek suhu pakai detektor otomatis dan ada layar TV nya, saya katrok gais, pas cek suhu saya berdiri didepan layar TV nya lama banget sampai dipanggil petugas disuruh buat duduk. tidak mudeng, kukira belum selesai cek suhunya WKWK

Setelah cek suhu, peserta diarahkan untuk duduk dulu sambil mempersiapan perlengkapan ujian (KTP, kartu tes, dan pensil). Selanjutnya, kita registrasi dulu sambil tanda tangan. Kita diminta memperlihatkan kartu tes kita untuk dicap oleh panitia. Selanjutnya, kita diminta menitipkan tas dan barang bawaan kita. Kita nanti akan diberi kartu nomor untuk mengambil kembali tas dan barang bawaan kita setelah tes. Oiyaa, ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa masuk ruang tes yaitu ikat pinggang, connector masker yang dari logam, anting, kalung, segala perhiasan, segala logam. Tenang, buat yang celana/roknya kedodoran, panitia ada nyediain rafia kok. Tapi tidak ada salahnnya juga sih, bawa rafia sendiri dari rumah. Biar tenang hatinya wkwk. Oiya, untuk yang tidak berhijab, kusarankan pakai karet gelang ajaa. Iya, karet gelang yang kayak mie goreng itu tu. Buat antisipasi ajasih, takutnya disangka jimat sama panitia.

Lanjut ke bagian face recognition oleh verifikator, kita diminta menempelkan kartu tes di kaca dan verifikator akan men-scan barcode kartu tes kita. Setelah terverifikasi kita akan diberi kode pin untuk ujian nanti, JANGAN LUPA DITULIS DI KARTU TES, nanti ndak kelupaan ntar kamu yang panik sendiri. Lanjutt, kita diperiksa oleh petugas apakah kita membawa benda-benda yang dilarang atau tidak. Setelah itu, kita nunggu lagi.. Pas nunggu saya dapet 2 temen baru, mbak-mbak dari Gunungkidul sama dari Solo. Mbaknya yang dari Gunungkidul rame banget orangnya, semangatnya membaraa huehe. Mbak yang dari Solo vibesnya mengantuk wkwk. Iya mengantuk. Mbaknya pas ujian bisa-bisanya tidur, daebakk!

Selama nunggu waktu buat ujian, ada baiknya ke kamar mandi dulu ya karena nanti pas tes tidak boleh ke kamar mandi. Oiyaa, sama jangan lupa minum ya sebelumnya. Yakin deh, ngerjain soal SKD itu bikin puyeng, kan calon pengurus masalah negara huehue

Setelah menunggu, tibalah waktu tes. Kita baris untuk masuk kedalam ruangan, kayak main uler-uleran. Sebelum masuk kita akan diberi handsanitizer dan kertas buram untuk coret-coret. 

Ya standar sih kayak tes UTBK sama UNBK. Jumlah soal 110 dengan waktu pengerjaan 100 menit. Pas ngerjain tuh saya bingung wkwk, 5 menit pertama saya tidak ngapa-ngapain. Ngeliatin layar monitor temen kanan-kiri saya. Mereka ngerjainnya kok bisa cepet banget, heran. Terus saya sadar.. dan ngebut ngerjain. Saya mulai dari TKP dulu, karena di TKP tidak ada yang poinnya 0. Jadi, tidak ada benar/salah karena poin masing-masing opsi itu 1-5. Gas langsung kukerjain semua. Setelah TKP kelar, saya lanjut TWK karena saya cupu di TWK dan berharap ada soal hafalannya. Ternyata tidak adaa, eh bukan, ada satu soal tentang HOS Cokroaminoto itu pendiri organisasi apaan. Selebihnya soal analisa tentang pancasila dan UUD NRI 1945. Baru jalan 20 soal TWK, waktu saya tinggal 40 menit :') PANIKK!!

Akhirnya loncat ke TIU, saya berhasil ngerjain 33 soal TIU, sisanya masih ragu-ragu sama bingung. Balik lagi ke soal TWK, sambil berharap bisa ngerjain dengan kecepatan cahaya. Yakk, akhirnya dengan kecepatan bulan saya berhasil mengerjakan semua soal dan tersisa 50 detik. Kupake buat berdoa dalem hati, sambil nunggu sistemnya berhenti sendiri. Dan begitulah cerita pengerjaan soal SKD.

Lepas ngerjakan, kertas buram dikumpulin. Buat jaga-jaga sih, supaya soal ujian SKD tidak bocor huahaa. Lanjut antri ambil tas. Terus pulang... Ngantinn, iya saya sempet nyusu di kantin BKN Jogja, ditraktir temennya temen, lumayan HAHA.

Dan pas pengumuman pun tiba, 15 November 2021. Saya tidak lolos SKD kawan-kawan. Peringkat 7 dari 24 peserta. Diambil 6 peringkat teratas untuk lanjut ke SKB. Kalah tipis sih, tapi is soke, saya rapopo.

Sekian pengalaman perdana saya mengikut seleksi CPNS. Ternyata menyenangkan dan menantang, juga bikin degdegan!!

NB: tulisan ini dibuat tanggal 23 November 2021

Komentar