Langsung ke konten utama

Pengalaman Seleksi FGDP Safety Officer PT Pamapersada Nusantara

Teman-teman mungkin sudah nggak asing lagi ya kalau dengar nama Pamapersada Nusantara (PAMA), salah satu kontraktor pertambangan terbesar di Indonesia, keren kan? Terpampang nyata kerennya.

Desember 2021, PAMA membuka lowongan cukup banyak untuk bermacam-macam program studi. Dari Engineering Group Leader (EGL), Safety Officer, Engineering Officer, Geothecnic Officer, dan masih banyak posisi lainnya. Mulai dari program Fresh Graduate Development Program (FGDP) hingga Professional Program.

Saya mulai mencari-cari pengalaman teman-teman yang sudah lulus seleksi masuk PAMA di tahun-tahun sebelumnya. Beberapa tulisan yang saya temukan, ternyata tesnya luring. Kemungkinan besar sistem rekruitmennya akan berbeda dengan seleksi tahun ini yang menggunakan sistem online. Akhirnya saya pasrah saja, bagaimanapun sistemnya, jalani saja.

Kebetulan saya mendaftar di posisi FGDP Safety Officer. 21 Maret 2022 sekitar jam 11.00 WIB, saya mendapatkan email dari PAMA yang menyatakan bahwa saya lolos seleksi administrasi dan berhak lanjut ke tahap psikotes dan wawancara psikolog. Sore harinya sekitar jam 17.00 WIB, saya mendapatkan email undangan psikotes yang akan dilaksanakan di tanggal 23 Maret 2022.

23 Maret 2022

Psikotes dilaksanakan secara online dengan menggunakan laptop/komputer masing-masing kandidat. Psikotes terdiri dari 2 bagian, yaitu Tes Inteligensi dan Tes Kepribadian. Khusus Tes Inteligensi, pengerjaannya berbatas waktu sedangkan pada Tes Kepribadian tidak terdapat batas waktu pengerjaan.

Yang saya ingat, di bagian Tes Inteligensi terdapat beberapa bagian namun secara keseluruhan mirip soal Tes Potensi Akademik waktu SBMPTN (yak, ketahuan kan saya angkatan tahun berapa haha). Standar kok, soal aritmatika, deret, perbandingan, verbal, figural. Saya agak lupa, ada silogisme atau nggak. Ya coba saja pelajari itu, nggak ada salahnya kan belajar hehe.

Untuk Tes Kepribadian ya seperti pada umumnya, terdapat pernyataan dan kita diminta untuk memilih apakah pernyataan tersebut sangat sesuai, sesuai, netral, tidak sesuai, atau sangat tidak sesuai dengan diri kita. Di tes ini, jujur saja, pilih jawaban sesuai keadaan teman-teman. Jangan berusaha menjadi orang lain karena setelah tahap ini akan ada wawancara dengan psikolog, sekeras apapun kita mencoba menutupi akan ketahuan kalau teman-teman tidak jujur. Malah nanti teman-teman yang rugi sendiri.

Saran saya, pastikan laptop teman-teman dalam keadaan baik. Apabila baterai laptopnya bocor macam punya saya, pastikan bahwa tidak ada jadwal pemadaman listrik pada saat teman-teman mengerjakan psikotest. Pastikan juga koneksi internet teman-teman lancar karena kalau nggak lancar, akan membutuhkan waktu untuk menampilkan soal, mengingat terdapat soal figural yang bentuknya gambar.

28 Maret 2022

Pengumuman Psikotes. Saya sudah pasrah kalau tidak lolos karena di bagian verbal saya hanya menjawab 60-70% soal. Waktu itu internet saya bermasalah dan tiba-tiba no connection, konsentrasi sudah buyar duluan. Tapi Puji Tuhan, saya masih diberikan kesempatan untuk berjuang lagi. Saya lolos tahap psikotes. 

29 Maret 2022

Saya mendapat email bahwa saya diundang untuk mengikuti wawancara dengan psikolog yang akan dilaksanakan di tanggal 31 Maret 2022 jam 11.00 WIB.

31 Maret 2022

Wawancara dengan psikolog berjalan lancar. Waktu itu saya diwawancarai oleh satu orang, ibu-ibu. Saya diminta untuk memperkenalkan diri, lulusan dari mana, kegiatan sewaktu kuliah apa saja. Setelah itu saya ditanya juga mengenai gambaran bekerja di tambang versi saya dan mengenai sistem kerja roaster. Kebanyakan pekerja tambang memiliki sistem roaster 8:2, yaitu 8 minggu full bekerja dengan 2 minggu waktu untuk cuti. Kecuali Thiess ya, mereka roaster 4:2. Tiap bulan bisa pulang kampung dong yaa, haha.

Saya sempat dimintai pendapat mengenai kasus cinta lokasi di area tambang dan bagaimana jika saya berada di posisi tersebut. Waktu itu saya jawab kalau saya bekerja untuk mencari penghidupan, bukan mencari pasangan hidup. Saya cenderung berlaku profesional apabila terlibat dalam hal yang penting, mengingat saat berorganisasi di jaman kuliah dulu tak pernah terbesit untuk pacaran dengan rekan organisasi karena saya pikir akan sangat merepotkan. Sepertinya hal itu yang membuat status jomblo saya mengakar kuat, menjulang tinggi HAHA.

Total durasi wawancara saya kurang lebih 10 menit. Iya, sesingkat itu kayak dikejar-kejar maling. Tapi sepertinya memang harus cepat karena target yang harus diwawancarai saat itu ada 229 orang. Di akhir sesi wawancara saya diberi tahu bahwa tahapan seleksi ini masih panjang sehingga saya diminta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

8 April 2022

Pengumuman wawancara psikotes. Puji Tuhan, saya lolos dan dapat lanjut ke tahap wawancara user. Saya benar-benar tidak memiliki gambaran wawancara user itu seperti apa. Setelah bertanya ke teman-teman yang sudah pernah mengikuti wawancara user, saya memiliki gambaran bahwa user ini adalah orang yang akan menjadi atasan kita saat bekerja.

11 April 2022

Saya mendapat email dari Pak Dermawan (pekerja dari PAMA), saya diminta untuk mengisi Formulir Lamaran Kerja (FLK). Setelah mengisi FLK, saya diminta mengirimkannya kembali dengan dilampiri Curicullum Vitae (CV) terbaru.

Tahap selanjutnya akan diperbaharui secara berkala di postingan ini~


update 4 Desember 2022

Mohon maaf sekali untuk teman-teman yang menunggu update postingan ini, saya tidak melanjutkan proses seleksi FGDP PT Pama Persada nusantara sehingga sharing saya berhenti sampai tanggal 11 April 2022. Terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini.


Baca juga: Pengalaman Seleksi PPNPN Kementerian ATR BPN RI Kantor Pusat Tahun 2022

                  Pengalaman Mengikuti Seleksi Calon Asisten Ombudsman RI

Komentar

  1. boleh banget Mas dilanjutkan, sangat membantu utk peserta calon pegawai di FGDP PT Pama Persada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Verel, kebetulan saya tidak melanjutkan proses seleksi FGDP PT. Pama Persada Nusantara. Semoga Mas Verel dimudahkan dan dilancarkan di setiap tahapan seleksinya ya, amin!

      Hapus
  2. kalau boleh tau kenapa tidak di lanjutkan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Saya tidak lanjut karena mempertimbangkan perubahan kondisi yang mendadak dari keluarga dan kebetulan sudah diterima bekerja di tempat lain.

      Hapus
  3. ceritanya sejauh ini sama kaya saya, semoga saya lolos inteview user. mohon doanya teman-teman. aamiin. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah ada update lolos seleksi user atau belum kak? dan estimasti waktu seleksi dari awal hingga interview user berapa lama yaa? terima kasih kak

      Hapus
    2. Wah, semangat teman-teman! Persiapkan diri sebaik mungkin di interview usernya ya! Semoga Tuhan buka jalan buat teman-teman semua. Oiya, tetap percaya kalau sudah takdir ya pasti terjadi. Terus berjuang!

      Hapus
  4. halo, mau tanya juga, waktu seleksi online kemarin, konfirmasi untuk ikut pelaksanaan tes selanjutnya ke interview user kira kira berapa lama ya jarak waktunya sejak pengumuman lolos tahapan selanjutnya? karena saya sudah dinyatakan lolos interview psikolog dan lanjut ke tahap interview user, sudah saya kirimkan juga FLK nya, tapi sudah 2 bulan belum ada konfirmasi lagi mengenai keberlanjutan tesnya, kalau pengalaman kamu gimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tes psikolognya apa yang ditanya ka ?

      Hapus

Posting Komentar